Workshop Pengembangan SMK Berbasis Industi

Salah satu model pengelolaan pendidikan kejuruan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dapat dilaksanakan dengan pendekatan pengelolaan pendidikan berbasis industri/ keunggulan wilayah, yaitu pengelolaan SMK dengan menginduksikan prinsip-prinsip kualitas yang diterapkan industri kedalam proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill sesuai tuntutan kompetensi kerja yang dibutuhkan dunia industri.

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan SMK melalui program pengembangan SMK Berbasis Industri/ Keunggulan Wilayah, memberikan peluang kepada SMK untuk bereksplorasi menerapkan pembelajaran selaras dengan industri/keunggulan wilayah untuk menjawab perubahan paradigma tersebut.

SMKN 2 Sukawati sebagai salah satu SMK yang memperoleh bantuan dalam pengembangan SMK Berbasis Industri sudah mulai mengawali kegiatan-kegiatannya. Salah satunya adalah melalui pelaksanaan workshop. Workshop ini khusus untuk Kompetensi Keahlian Desain dan Produk Kreatif Logam dan Perhiasan. Hadir dalam workshop antara lain UC Silver yang bergerak dalam bidang usaha perhiasan. Selain itu hadir pula beberapa wirausahawan muda yang kebetulan merupakan alumni dari SMKN 2 Sukawati yang telah sukses membangun usahanya secara mandiri.

Pada intinya, dunia usaha dan industri menekankan pentingnya pendidikan dalam bidang manajemen untuk menunjang keberhasilan berusaha disamping kompetensi utamanya dalam bidang kria kreatif logam dan perhiasan.

HUT SMKN 2 Sukawati Ke-39

HUT SMKN 2 Sukawati ke-39 yang jatuh pada hari ini Senin, 3 September 2018 dirangkaikan dengan penutupan Gebyar Lomba Minat dan Bakat. Berbagai bidang minat dan bakat dilombakan dan hasilnya diumumkan pada hari ini. Rangkaian HUT SMKN 2 Sukawati ke-39 dihadiri oleh Kepala UPT Disdikpora Bali di Kab. Gianyar beserta Korwas SMK diikuti oleh pengawas SMKN 2 Sukawati. Hadir pula Kepala Desa Batubulan beserta Kelian Dinas Banjar Pegambangan. Para Guru dan Pegawai yang sudah purna tugas juga hadir dalam perayaan HUT SMKN 2 Sukawati saat ini.

Kepala SMKN 2 Sukawati I Gusti Ngurah Made Umbara, ST, M.Pd dalam sambutannya mengatakan,  SMKN 2 Sukawati telah ditunjuk oleh Direktorat Pemdidikan Menengah Kejuruan sebagai Pusat Pengembangan Minat dan Bakat sejak tahun ini. Dengan ditunjuknya SMKN 2 Sukawati sebagai Pusat Pengembangan Minat dan Bakat berarti disamping pengembangan akademis, SMKN 2 Sukawati mengemban tugas juga dalam mengembangkan minat dan bakat peserta didik. Minat dan bakat yang dimiliki oleh para peserta didik harus dikembangkan secara optimal dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh.

Perayaan HUT SMKN 2 Sukawati kali ini dimeriahkan dengan pementasan berbagai karya seni, tari, tabuh tradisional Bali yang dibawakan oleh siswa SMKN 2 Sukawati. Di samping itu, hadir pula para pemenang lomba tari yang berhasil memperoleh juara untuk tampil di acara ini.

MPLS 2018

previous arrow
next arrow
Slider

Hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) telah dimulai pada Hari Senin, 16 Juli 2018. MPLS SMKN 2 Sukawati dibuka langsung oleh Kepala SMK Negeri 2 Sukawati I Gusti Ngurah Made Umbara, ST, M.Pd melalui upacara bendera di lapangan SMKN 2 Sukawati. MPLS merupakan hal yang sangat penting bagi penyelenggaraan pendidikan di sekolah, kususnya di SMKN 2 Sukawati. Sesuai namanya, kegiatan ini berisi pengenalan terhadap lingkungan sekolah, guru-guru dan pegawai, sarana belajar serta program-program sekolah. Melalui MPLS ini siswa diharapkan secepat mungkin dapat menyesuaikan diri dengan pendidikan di tingkat SMK setelah menamatkan pendidikannya di jenjang SMP. MPLS juga berisi kegiatan penempaan disiplin melalui kegiatan baris-berbaris yang dipimpin langsung oleh petugas dari Polsek Sukawati dan Koramil Sukawati. MPLS SMKN 2 Sukawati akan berakhir pada hari Jumat, 20 Juli 2018 yang ditandai dengan pelaksanaan Tirta Yatra ke sejumlah Pura Kahyangan Jagat.